Alat-Alat makan Para Penghuni Surga


Surga adalah tempat kediaman yang sangat indah dan sangat sejuk sebagaimana terdapat dalam banyak bagian dalam Quran surah Ar-Rahman, begitupula disurga terdapat Rumah rumah yang berbentuk seperti kemah-kemah, disurga juga terdapat peralatan makanan yang diberikan Allah begitu mewah. sebagaimana penjelasan Dalil dibawah ini.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

يُطَافُ عَلَيْهِم بِصِحَافٍ مِّن ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ

"Kepada mereka diedarkan piring-piring dan gelas-gelas dari emas." (QS. Az-Zukhruf: 71)

Allah ta'ala juga berfirman,

يَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَانٌ مُّخَلَّدُونَ ١٧ بِأَكْوَابٍ وَأَبَارِيقَ وَكَأْسٍ مِّن مَّعِينٍ ١٨

"Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas-gelas, cerek, dan piala berisi minuman yang diambil dari mata air yang mengalir." (QS. Al-Waqi'ah: 17-18)


Free Download

Dalam shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, dari hadits Abu Musa al-Asy'ari radhiallahu'anhu, bahwa Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam bersabda,

جَنَّتَانِ مِنْ ذَهَبٍ، آنِيَتُهُمَا وَمَا فِيْهِمَا، وَجَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ، آنِيَتُهُمَا وَمَا فِيْهِمَا، وَمَا بَيْنَ الْقَوْمِ وَبَيْنَ أَنْ يَنْظُرُوْا إِلَى رَبِّهِمْ إِلَّا رِدَاءُ الْكِبْرِ يَاءِ عَلَى وَجْهِهِ فِيْ جَنَّةِ عَدْنٍ

"Ada dua surga dari emas; baik bejana-bejana keduannya dan apa yang ada didalam keduanya, dan ada dua surga dari perak; baik bejana-bejana keduannya dan apa yang ada didalam keduannya. Antara mereka dengan melihat Tuhan mereka hanyalah tabir kesombongan di WajahNya di Surga Adn." (Diriwayatkan oleh al-Bukhari,no. 4878, 4880 dan Muslim, no.180).

Dalam shahih al-Bukhari dan shahih Muslim, dari hadits Abu Hurairah radhiallahu'anhu, dia berkata, Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَوَّلَ زُمْرَةٍ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ عَلَى صُوْرَة ِالْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، وَالَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ عَلَى أَشَدِّ كَوْكَبٍ دُرِّيٍّ فِي السَّمَاءِ إِضَاءَةً، لَا يَبُوْ لُوْنَ وَلَايَتَغَوَّطُوْنَ وَلَا يَمْتَخِطُوْنَ وَلَا يَتْفِلُوْنَ، أَمْشَاطُهُمُ الذَّهَبُ، وَرَشْحُهُمُ الْمِسْكُ، وَمَجَامِرُهُمُ الْأَلُوَّةُ، وَأَزْوَاجُهُمُ الْحُوْرُ الْعِيْنُ، أَخْلَاقُهُمْ عَلَى خَلْقِ رَجُلٍ وَاحِدٍ،عَلَى صُوْرَةِ أَبِيْهِمْ آدَمَ عليه سلم سِتُّوْنَ ذِرَاعًا فِي السَّمَاءِ.

"Sesungguhnya gelombang pertama yang masuk surga, wajah mereka seperti rembulan di malam purnama, kemudian mereka di susul oleh orang-orang yang wajah mereka seperti bintang paling terang dilangit; mereka tidak kencing, tidak buang air besar, tidak meludah, dan tidak berdahak, sisir mereka adalah emas, keringat mereka adalah kesturi, tungku pengharum mereka adalah uluwwah yaitu ranting yang harum, istri-istri mereka adalah bidadari, bentuk fisik mereka dalam bentuk laki-laki yang satu, dalam bentuk bapak moyang mereka, Adam 'alaihi sallam yang tingginya 60 hasta di angkasa." (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no.3327 dan Muslim, no. 2834)


Dalam shahih al-Bukhari dan shahih Muslim, dari hadits Hudzaifah bin al-Yaman radhiallahu'anhu, bahwa Nabi shalallahu'alaihi wa sallam bersabda,

لَا تَشْرَبُوْا فِي آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ، وَلَا تَأْكُلُوْا فِيْ صِحَافِهَا، فَإِنَّهَا لَهُمْ فِي الدُّنْيَا وَلَكُمْ فِي الْآخِرَةِ.

"Janganlah kalian minum menggunakan bejana emas dan perak dan jangan pula makan menggunakan piring yang terbuat dari keduanya, sesungguhnya ia untuk mereka (orang-orang kafir) di dunia dan untuk kalian di akhirat." (Diriwayatkan oleh al-Bukhari, no. 3327 dan Muslim,no.2834)

-- NOTE --

Artikel Dailymuslim_id no. 99
Penulis : Mohammad Aidul Azis
Tanggal: 06 Februari 2020 M /  12 Jumadil Akhir 1441 H

Refrensi : 
Kemegahan dan keindahan surga serta para penghuninya
intisari dari Mukhtasar Hadil Arwah Ila Biladil Afrah 
karya Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyah rahimahullah
Pustaka : Darul Haq

DUKUNG DENGAN SUBSCRIBE DIBAWAH

jangan lupa di konfirmasi dulu ya di email antum, agar bisa mendapat notifikasi dailymuslim_id via email

0 Response to "Alat-Alat makan Para Penghuni Surga"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Video Populer dailymuslim_id
Sujud dan Patuhnya semua makhluk kepada Allah Ta'ala




subscribe kami juga di youtube