Melepas Iklan Google Adsense Dailymuslim_id " Hukum islam Pemasangan Google Adsense "


Pada kesempatan kali ini penulis akan melepas Google Adsense dari website dailymuslim_id ini, Pada dasarnya Google  Adsense adalah sebuah situs dari Google untuk penempatan iklan di sebuah situs website seseorang, Google Adsense akan memberikan komisi kepada setiap Author Web atau aplikasi, atau juga pada setiap iklan yang berada di youtube, ketika iklan tersebut di klik, begitu juga ketika telah memiliki 1000 tayangan iklan, juga memiliki 25% dalam klik tersebut dari tayangan, seseorang sudah bisa memiliki penghasilan tetap dari Google Adsense ini. (Berdasarkan Pengalaman Penulis)

Apa Itu Google Adsense ?

Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google Melalui program periklanan Adsense. Pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolekan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjungsitus, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik (Wikipedia.org)

Kenapa Melepas Google Adsense ?

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa penulis, dan Allah memberi Rezeki yang halal, pada dasarnya iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense adalah iklan yang diacak artinya, sebagian pengiklan akan menempatkan iklan di situs  tersebut, baik itu iklan wanita yang tidak berhijab, iklan Ribawi, iklan Pesugihan dll. Iklan akan ditampilkan berdasarkan situs yang kita buka.

Meskipun Sudah di Filter Iklannya ?

Yap, meskipun kita sudah memfilter iklan, akan tetapi tetap saja ada Advertiser ( pengiklan ) nakal, contoh kita memfilter semua iklan yang tidak ingin kita tampilkan seperti iklan Bank, Agama lain ( kristen, Budha, dll ), dan tersisa iklan berkategori tidak menampilkan sesuatu yang haram. Akan tetapi masih ada saja iklan berkategori Islam tetapi isinya, “Yesus dalam Pandangan Islam “ akan tetapi di dalam situs tersebut berisi tentang kesyirikan juga “Pesugihan Islam”  ini semua adalah Kesyirikan, begitu juga jika pembaca berada di Negeri lain yang kebanyakan non Muslim, maka iklan yang ditampilkan tidak bisa terkontrol dengan apa yang kita mau, oleh karena itu Penulis berlepas diri dari pemasangan Google Adsense.




Terus udah capek menulis atau membuat video, penghasilan kita dari mana dong ( pengelola web / content creator ) ?

Alhamdulillah banyak cara untuk para pengelola website atau pembuat video untuk mendapatkan penghasilan, seperti


  • Affiliate dari berbagai macam Market place di indonesia, seperti Bukalapak, Tokopedia, dll.
  • Memasang slot iklan, dan membuat artikel yang berkualitas, tidak hanya sekedar menulis, akan tetapi mendapatkan sumber terpercaya dan juga memiliki tulisan yang rapi, tetapi juga jelas untuk dibaca 
  • Menjual produk sendiri. Dan promosikan di antara web atau video kamu.
  • Menerima sponsor dari pihak lain untuk menaruh produknya di situs web kamu.


Pastikan semua alternatif di atas adalah Jasa atau produk yang Halal.


Jika Saya Bisa Memfilternya

Jika kamu bisa memfilternya sesuai dengan konten yang kamu buat dan tidak mengandung iklan-iklan yang haram, maka tidak mengapa bergabung dengan Adsense tersebut. Tetapi jika iklan tidak bisa kita kontrol maka sudah sepantasnya kita tidak mengikuti situs periklanan tersebut. “Tetapi masih Ada Ustadz yang pakai “ Wallahu a’lam mungkin mereka mempunyai pendapat lain, akan tetapi ustadz juga bukanlah acuan pada bidang teknologi ini, mungkin mereka belum mengetahui atau karena terpaksa oleh banyaknya crew untuk dakwah di tempat yang banyak orang sehingga butuh biaya yang besar. Oleh karena itu kita sebagai murid harus mengapresiasi dakwah yang dibawakan oleh orang-orang yang berjasa ini (terutama para Ustadz dan ulama-ulama), dengan memberikan sebagian rezeki yang kita miliki untuk penunjang dakwah beliau agar mereka tidak menggunakan jaringan iklan ini.

Hukum Bergabung dengan Google Adsense

Melihat hal yang diceritakan di atas, maka asalnya tidak boleh bergabung dengan adsense semacam ini agar selamat dari iklan yang tidak islami dan dinilai haram. Karena kita sama sekali tidak boleh mengiklankan atau menyebarkan kemungkaran. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman,

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran” ( QS. Al Maidah: 2 ). Memasang iklan yang bermasalah termasuk tolong-menolong dalam berbuat dosa.

Juga Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

“Barangsiapa yang mengajak pada petunjuk (kebaikan), maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikuti ajakannya dan tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun juga. Sebaliknya, barangsiapa yang mengajak pada kesesatan, maka ia akan mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya dan tidak mengurangi dosa mereka sedikit pun juga. “ ( HR. Muslim ).  memasang iklan yang haram dari sisi syari’at berarti termasuk menyebarkan kesesatan. Maka khawatirlah terkenanya dosa seperti ini.

Penulis siap meninggalkan Adsense, kamu siap ?

Pasti ada ganti dari Allah ta’ala jika kita meninggalkan pekerjaan yang haram, oleh karena itu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ

“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik bagimu."( HR. Ahmad 5: 363, Shahih ).

Wallahu a'lam bishawab
Semoga Bermanfaat
Barakallahu fikum
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dailymuslim_id no.98
Artikel ini ditulis oleh Mohammad Aidul Azis
Pada tanggal 03 Januari 2020

Sumber : 
Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal Hafizhahullah
Ustadz Ammi Nur Baits Hafizhahullah
Ustadz Firanda Andirdja Hafizhahullah
Pengalaman Penulis selama bergabung

DUKUNG DENGAN SUBSCRIBE DIBAWAH

jangan lupa di konfirmasi dulu ya di email antum, agar bisa mendapat notifikasi dailymuslim_id via email

1 Response to "Melepas Iklan Google Adsense Dailymuslim_id " Hukum islam Pemasangan Google Adsense ""

  1. Insyaallah semoga dilancarkan rezekinya akhi,semoga tetap istiqomah berdakwah

    ReplyDelete


Artikel Peringkat 2 di Google Search
Mata Air Disurga, bentuk, rasa, dan ciri-cirinya
berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Video Populer dailymuslim_id
Sujud dan Patuhnya semua makhluk kepada Allah Ta'ala




subscribe kami juga di youtube