Jangan lupa bagianmu dari dunia - Tafsir Surah Al-Qasas : 77


Terkadang kita dituntut untuk selalu mencari ilmu agama, karena hal tersebut adalah suatu yang penting bagi diri kita dalam kehidupan maupun sesudah kehidupan (akhirat). Lantas bagaimana jika kita terus menuntut ilmu agama sehingga kita lupa mengerjakan sesuatu yang lain seperti contoh, mencari rezeki, menjaga kesehatan, olahraga dll. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Qasas (28) : 77 sebagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman :

وَٱبْتَغِ فِيمَآ ءَاتَىٰكَ ٱللَّـهُ ٱلدَّارَ ٱلْـَٔاخِرَةَ ۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ ٱلدُّنْيَا ۖ وَأَحْسِن كَمَآ أَحْسَنَ ٱللَّـهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ ٱلْفَسَادَ فِى ٱلْأَرْضِ ۖ إِنَّ ٱللَّـهَ لَا يُحِبُّ ٱلْمُفْسِدِينَ ٧٧ 

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qasas (28) : 77)

Tafsir ayat tersebut

 وَٱبْتَغِ فِيمَآ ءَاتَىٰكَ ٱللَّـهُ ٱلدَّارَ ٱلْـَٔاخِرَةَ ۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ ٱلدُّنْيَا  

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi” 
Yaitu gunakanlah apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu berupa harta yang melimpah dan kenikmatan yang panjang dalam berbuat taat kepada Rabbmu serta bertaqarrub kepada-Nya dengan berbagai amal-amal yang dapat menghasilkan pahala di dunia dan di akhirat.


وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ ٱلدُّنْي  

“dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi” 
Yaitu apa-apa yang dibolehkan Allah didalamnya berupa makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal dan pernikahan. Sesungguhnya Rabbmu memiliki hak, dirimu memiliki hak, keluargamu memiliki hak serta orang yang berziarah memiliki hak. Maka berikanlah setiap sesuatu dengan haknya.

 وَأَحْسِن كَمَآ أَحْسَنَ ٱللَّـهُ إِلَيْكَ  

“dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu,”
Yaitu berbuat baiklah kepada makhluk-Nya sebagaimana Dia telah berbuat baik kepadamu.

 وَلَا تَبْغِ ٱلْفَسَادَ فِى ٱلْأَرْضِ  

 “dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi,” 
Yaitu janganlah semangatmu hanya menjadi perusak di muka bumi dan berbuat buruk kepada makhluk Allah.

 إِنَّ ٱللَّـهَ لَا يُحِبُّ ٱلْمُفْسِدِينَ ٧٧ 

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Kesimpulan 

Dalam tafsir di atas terdapat 2 penjelasan, penjelasan pertama bahwa Allah mengingatkan kepada kita agar tidak melupakan bagian kita didunia, sebagaimana dalil ayat diatas, “ketika kita sangat giatnya menuntut ilmu atau mencari ilmu agama, kita lupa dengan dunia kita, maksudnya : Engkau di dunia butuh makan, maka carilah rezeki Allah, engkau butuh pakaian, engkau butuh tempat tinggal, engkau butuh menafkahkan keluarga. Terkadang ada seseorang yang giat mencari ilmu agama tapi lupa akan dirinya sendiri, sehingga ia membebani orang sekitarnya, seperti orang tua, dll. 

Penjelasan tafsir yang kedua, bahwa Allah subhanahu wa ta’ala menyuruh kita untuk berbuat baik, baik itu kepada manusia, hewan, tumbuhan dll, sebagaimana telah diterangkan dalam ayat diatas, berbuat baiklah kepada makhluk Allah, maka dari itu kita dituntut harus berbuat baik, kecuali dalam berbuat maksiat, karena kita (manusia) adalah sebaik-baik makhluk Allah, dan Allah menjadikan kita sebagai khalifah dibumi, maka berbuat baiklah dan jangan berbuat kerusakan di bumi ini. 

Wallahu a’lam bishawab (hanya Allah lah yang lebih mengetahui) 
Barakallahu fikum 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

 ARTIKEL DAILYMUSLIM_ID 
Artikel ini ditulis oleh Mohammad Aidul Azis pada tanggal 02 Desember 2019 

 DAFTAR PUSTAKA 
Al-Qur’an Al-Fatih 
Tafsir 
Ibnu Katsir Tanzil.net

DUKUNG DENGAN SUBSCRIBE DIBAWAH

jangan lupa di konfirmasi dulu ya di email antum, agar bisa mendapat notifikasi dailymuslim_id via email

0 Response to "Jangan lupa bagianmu dari dunia - Tafsir Surah Al-Qasas : 77"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel