Kesalahan sesudah shalat fardhu


berikut adalah peringatan penting tentang kesalahan dan Bid'ah (perbuatan yang diada-adakan tanpa syari'at) sesudah shalat

  1. Mengusap muka setelah salam
  2. Berdo'a dan berdzikir secara berjama'ah yang dipimpin oleh imam shalat.
  3. Berdzikir dengan bacaan yang tidak ada nash atau dalilnya, baik lafadznya maupun bilangannya, atau berdzikir berdasarkan hadits yang dha'if (lemah) atau maudhu' (palsu)
  4. Berdzikir dengan suara keras dan secara beramai-ramai (dengan koor/berjama'ah)
  5. Menghitung dzikir dengan memakai biji tasbih atau sesuatu yang serupa dengannya
  6. imam dan makmum membiasakan atau merutinkan berdoa dengan berjama'ah setelah shalat fardhu atau mengangkat tangan pada do'a tersebut, namun perbuatan ini tidak ada contohnya dari Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam
  7. saling berjabat tangan seusai shalat fardhu (bersalam-salaman). "berjabat tangan itu dianjurkan, tetapi menetapkannya setiap shalat fardhu tidak ada contohnya, juga pada setelah shalat shubuh dan ashar, maka perbuatan ini adalah bid'ah (perkara agama yang dibuat-buat)
  8. Merutinkan membaca Do'a qunut di setiap subuh. tentang masalah ini haditsnya dha'if (lemah), tidak bisa dijadikan hujjah (alasan)

Info ini didapatkan berdasarkan ijam ulama terkemuka dalam
(Majmu Fatawa Syaikul islam ibnu Taimiyyah) (XXII/512,516,519)
dan Al-Qaulul mubiin fi Akhthaa-il Mushaliin (Hal. 294-295)

KESIMPULAN

setau admin Qunut itu biasa dibaca ketika witir dibulan Ramadhan, jika kalian umrah/haji di masjidil nabawi dan masjidil haram mungkin kalian tidak akan melihat orang saudi memakai qunut, karena mereka mengetahui bahwa sanad hadits tersebut lemah dan tidak dijadikan hujjah untuk dipakai.
Saling berjabat tangan : ketika selesai shalat kita dianjurkan untuk beristigfar memohon ampun dan perlindungan kepada Allah. Jika setelah shalat lalu bersalaman akan membuat risih kita untuk bermunajat kepada sang pencipta. memang baik bersalaman itu. tetapi kita perlu menempatkan untuk bersamalan itu pada waktu tertentu. 

ARTIKEL DAILYMUSLIM_ID
Artikel ini dibuat pada senin, 27 syawal 1440 H / 01 july 2019 M

DAFTAR PUSTAKA
- Dzikir Setelah shalat wajib dan Shalat sunnah sesuai tuntunan Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam cetakan oleh : Yazid Abdul Qadir Jawas,ke-4, Dzulqa'dah 1438 H / Agustus 2017

DUKUNG DENGAN SUBSCRIBE DIBAWAH

jangan lupa di konfirmasi dulu ya di email antum, agar bisa mendapat notifikasi dailymuslim_id via email

0 Response to "Kesalahan sesudah shalat fardhu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel