Silsilah Keturunan Nabi Muhammad, Hingga Nabi Ibrahim, Hingga Nabi Adam


Bismilllah

Sebagai seorang muslim, pasti dari kita mempunyai pikiran seperti ini "Saya ingin tahu siapa saja sih, Nasab Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam, katanya keturunan Nabi Ibrahim Alaihi Sallam ?" Alhamdulillah kali ini admin akan menjelaskannya dari kitab Sirah Nabawiyah Perjalanan hidup rasul yang agung Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam dari kelahiran hingga detik-detik terakhir karya Syaikh Shafiy yurrahman al-Mubarakfuri. dan disini admin akan menjelaskannya dengan Mudah membacanya.

Nasab Nabi Shalallahu Alaihi wa sallam terbagi kedalam tiga Klasifikasi :

  1. Yang pertama adalah yang disepakati oleh Ahlus Siyar wal Ansab (Para sejarawan dan Ahli Nasab), yaitu urutan Nasab Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa sallam hingga kepada ➜ Adnan. dan disini masih tidak ada perselisihan karena terdapat hadits yang kuat menjelaskan nasabnya.
  2. Yang Kedua, dan disini masih terdapat perselisihan antara orang-orang yang mengambil sikap diam dan tidak berkomentar dengan yang berpendapat dengannya, yaitu urutan Nasab Nabi Muhammad ➜ Adnan hingga ke ➜ Nabi Ibrahim Alaihi Sallam.
  3. Yang Ketiga, Penting sekali! dan diurutan ini terdapat Nasab Riwayat yang tidak shahih,Yaitu pada urutan Nasab Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wa Sallam ➜ Adnan ➜ Nabi Ibrahim ➜ Nabi Adam.

Dan kesimpulannya dari ketiga Klarifikasi diatas, yang masih dapat kita tahu keasliannya antara nasab Klasifikasi ke 1 dan ke 2 dan di ke 2 ini masih ada keraguan, akan tetapi masih dapat kita Ambil karena Rasulullah Sendiri menyebutkan bahwa Nasabnya hingga ke Nabi Ibrahim Alaihi Sallam. akan tetapi untuk nasab dari Nabi Ibrahim ke adam sendiri tidak dapat dijadikan Nasab yang shahih, karena masih terputus putus jalan Nasabnya Wallahu A'lam.

BERIKUT ADALAH NASAB DARI KE TIGA KLASIFIKASI


1. Klasifikasi Pertama,

Muhammad Shalallahu Alaihi wa sallam bin Abdullah bin Abdul Muthalib (Nama aslinya, Syaibah) bin Hasyim (nama aslinya, Amr) bin Abdu Manaf (nama aslinya, al-Mughirah) bin Qushay (Nama aslinya, Zaid) bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr (dialah yang dijuluki sebagai Quraisy yang kemudian suku ini dinisbatkan kepadanya) bin Malik bin an-Nadhar (nama aslinya, Qais) bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah (nama aslinya, Amir) bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan. (Lihat Ibnu Hisyam,op.cit.,1/1,2; Tarikh ath Thabari,II/239-271)


2. Klasifikasi Kedua, (Urutan nasab diatas Adnan),

Adnan bin Add bin Humaisi' bin Salaman bin Awsh bin Buz bin Qimwal bin Ubay bin Awwam bin Nasyid bin Haza bin Baldas bin Yadhaf bin Thabikh bin Jahim bin Nahisy bin Makhiy bin Idh bin Abqar bin Ubaid bin ad-Di'a bin Hamdan bin Sunbur bin Yatsribi bin Yahzan bin Yalhan bin Ar'awi bin Idh bin Disyan bin Aishar bin Afnad bin Ayham bin Muqashshir bin Ahits bin Zarih bin Sumay bin Mizzi bin Udhah bin Uram bin Qaidar bin Ismail Alaihi Sallam, bin Ibrahim Alaihi Sallam. (Thabaqat Ibnu Sa'ad,op.cit.,1/56/57; Tarikh ath-Thabari,op.cit.,2/272. Untuk mengetahui perbedaan seputar klasifikasi ini lihat juga dalam kitab Tarikh ath-Thabari,2/271-276 dan Fath al-Bari, 6/621-623)

3. Klasifikasi Ketiga (Urutan diatas nabi Ibrahim),

Ibrahim Alaihi Sallam, bin Tarih (Nama aslinya, Azar) bin Nahur bin Saru (atau Sarugh) bin Ra'u bin Falikh bin Abir bin Syalikh bin Arfakhsyad bin Sam bin Nuh 'Alaihi Sallam bin Lamik bin Mutawasylikh bin Akhnukh (ada yang mengatakan bahwa dia adalah Nabi Idris 'Alaihi Sallam) bin Yarid bin Mihla'il bin Qaynan bin Anusyah bin Syits bin Adam 'Alaihi Sallam. (Ibnu Hisyam, ibid., hal. 2-4; Tarikh ath-Thabari, ibid., hal.276. Sumber-sumber sejarah berbeda-beda didalam pengejaan lafadz sebagian nama-nama tersebut, demikian pula pada sebagian sumber, ada nama yang tidak tercantum)


dan itulah Nasab Nabi Muhammad ➜ Adnan ➜ Ibrahim ➜ Hingga ke Adam, dan dari tiga klasifikasi tersebut ada Riwayat yang shahih semisal Riwayat Nabi Muhammad ➜ Adnan sebagaimana sabda Nabi Shalallahu alaihi sallam,


"Sesungguhnya Allah telah memilih Isma'il dari anak cucu Ibrahim, memilih Kinanah dari anak cucu Isma'il, memilih Quraisy dari anak cucu Bani Kinanah, memilih Bani Hasyim dari keturunan Quraisy dan memilihku dari keturunan Bani Hasyim. " (HR. Muslim) (Diriwayatkan oleh imam muslim dari wa'ilah bin al-Asqa' bab:Fadhlu Nasab an-Nabi, 2/245 dan at-Tirmidzi, 2/201.)

FREE QUOTES



nasab nabi sendiri mempunyai silsilah keturunan yang terhormat sebagaimana hadits menjelaskan, Dari al-Abbas bin Abdul Muthathalib, dia berkata, "Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

'Sesungguhnya Allah telah menciptakan makhluk, lalu dia menjadikanku sebaik-baik golongan mereka dan sebaik-baik dua golongan, kemudian memilih beberapa kabilah, lalu menjadikanku bagian dari sebaik-baik kabilah, kemudian memilih beberapa keluarga lalu menjadikanku bagian dari sebaik-baik keluarga mereka, maka aku adalah sebaik-baik jiwa diantara mereka dan sebaik-baik keluarga diantara mereka'. (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, kitab'al-manaqib', bab: Ma Ja'afi Fadhl an-Nabi, 2/201.)

dan Riwayat dari Adnan ➜ Nabi Ibrahim masih dapat diambil karena telah dijelaskan dari hadits diatas, dan masih kuat, tapi masih ada sedikit perselisihan dalam urusaan nasab sebagaimana telah dijelaskan di bagian klasifikasi ke dua, namun kita dapat mengetahui Nasab Nabi Muhammad sampai kepada Nabi Ibrahim dengan jelas dari hadits.

selanjutknya dari Nabi Ibrahim ➜ Nabi Adam, dan pada nasab ini banyak sekali perselisihan mengenai Nasab Nabi Ibrahim hingga sampai ke adam karena ada nasab yang terlewat atau belum tercantumkan. wallahu a'lam

dan itulah penjelasan mengenai Nasab Rasulullah hingga ke Nabi Ibrahim dan Adam, Semoga Artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu kita, dan admin sendiri menulis artikel ini tidak sembarangan, dan bersumber dari buku yang telah diajarkan oleh para Ustadz lulusan Madinah, melalui kajian kajiannya di tempat tertentu,

Semoga bermanfaat 
Barakallahu Fikum 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

BAGIKAN KE

Aktifkan notifikasi update dailymuslim_id

0 Response to "Silsilah Keturunan Nabi Muhammad, Hingga Nabi Ibrahim, Hingga Nabi Adam "

Post a Comment