Mata Air Di Surga " Mata Air Salsabila " | Keindahan Surga


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Jazakumullahu Khairan (Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)

ARTIKEL SEBELUMNYA

Sebelumnya diartikel dailymuslim_id sebelumnya telah membahas keindahan surga yang mengenai 4 macam sungai-sungai yang berada dalam Al-Qur'an dan Salah satu sungai yang dikhususkan untuk Rasulullah Shalallahu Alaihi Wa Sallam yang berada disurga yaitu sungai Al-Kautsar, dan juga artikel yang mengenai bahwa "Surga adalah tempat peristirahatan terbaik yang begitu sejuk dan indah". sebetulnya masih banyak lagi keindahan yang berada didalam surga yang diantaranya adalah bidadari-bidadari yang lembut pandangannya, pemuda yang membawa air, tidak berjenggot dan lain-lain, dan insyallah artikel ini akan diselesaikan dengan tuntas, dan ini adalah artikel sebelumnya.
Baca Juga
JUDUL

Dan pada artikel ini kita akan membahas mengenai "Mata Air Yang Berada Dalam Surga Yaitu Mata Air Salsabila"

TERDAPAT MATA AIR DIDALAM SURGA

Selain Sungai yang berada didalam surga, Allah juga memberikan kepada para hambanya yang telah memasuki surga, bahwa mereka diberi minum dengan mata air disurga yang begitu enak rasanya, sebagaimana firman Allah Ta'ala :


Sesungguhnya orang yang bertaqwa itu berada dalam surga-surga (taman-taman), dan (di dekat) mata air (yang mengalir). (Q.S. Al-Hijr (15) 45). ayat yang telah dijelaskan sama halnya dengan Surah Adh Dhariyat (51) 15

dan juga Allah berfirman dalam ayatnya yang lain yang menjelaskan bahwa disurga terdapat mata air:


Sungguh, orang-orang yang bertaqwa berada dalam tempat yang aman. (yaitu) didalam taman-taman dan mata air - mata air (Q.S. Ad-Dukhan (44) 51-52)

sebagaimana telah dijelaskan tadi bahwa Al-Qur'an menerangkan adanya mata air disurga yaitu pada surah :
  1. Q.S. Al-Hijr (15) 45
  2. Q.S. Adh Dhariyat (51) 15
  3. Q.S. Ad-Dukhan (44) 51-52
  4. dan juga terdapat dalam ayat yang lain yaitu pada Q.S. Ar-Rahman (55) 50 yang mengenai bahwa didalam surga terdapat dua mata air yang mengalir sebagaimana firmannya menjelaskan

Didalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang memancar (Q.S. Ar-Rahman (55) 50).

NAMA MATA AIR DIDALAM SURGA

berbicara mengenai mata air didalam surga, Allah Subhanahu wa ta'ala menamakan Mata air didalam surga itu dengan nama "SALSABILA" sebagaimana firman Allah Ta'ala yang berbunyi :


"Yang didatangkan dari sebuah mata air disurga yang dinamakan salsabil. (Q.S. Al-Insan (76) 18)

BONUS QUOTES

Yuk bagikan Quotes ini di social media mu 


Jazakumullahu khairan telah menshare

SIFAT MATA AIR SALSABILA

Lantas bagaimana rasanya dan bagaimana bentuk dan warnanya, begitu maha suci Allah yang telah menerangkan dengan lengkap mengenai Mata air salsabila ini, Mata air salsabila berwarna putih bersih, tidak memabukan, dan enak diminumnya, sebagaimana telah dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah As-Saffat (37) 45-47. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :


Kepada mereka diedarkan gelas (yang berisi air) dari mata air (surga), (warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada didalamnya unsur yang memabukan dan mereka tidak mabuk karenanya. (Q.S As-Saffat  (37) 45-47)

dan dari kedua mata air itu bercampur dengan dua macam yaitu bercampur dengan kafur dan jahe sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala 


Sungguh, Orang-orang yang berbuat kebajikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. (yaitu) mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya (Q.S. Al-Insan (76) 5-6)

dan juga Allah ta'ala berfirman :

Dan disana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe (Q.S. Al-Insan (76) 17)

TAFSIR DALIL

berikut adalah tafsir dari kedua dalil tersebut yang dibawakan oleh ibnu katsir

menurut Ibnu katsir, " Dan disana mereka diberi gelas minuman bercampur jahe..," berarti mereka (orang-orang berbakti) diberi segelas minum an khamr, yang kadang-kadang dicampur dengan air kafur yang dingin dan segar. dan terkadang dicampur pula dengan jahe yang panas agar seimbang atau sesuai. adapun orang-orang yang dekat dengan Allah, mereka minum ari salsabila yang murni.

Muhammad Mutawalli asy-Sya'rawi menafsirkan mata air dan minuman serta campurannya, dengan mengatakan bahwa Allah subhanahu wa ta'ala telah memberitahukan kepada kita tentang minuman penghuni surga dengan dua macam campuran, yaitu kafur (disebut pada awal surah) dan jahe (disebut pada akhir surah).di dalam kafur terdapat sifat dingin, segar, dan harum. sedangkan didalam jahe terdapat sifat panas dan harum. Adapun yang terjadi pada mereka adalah mencampur kedua minuman, salah satunya merupakan hal lain, yang lebih lengkap, lebih baik, dan lebih enak rasanya. Alangkah halus penyebutan kafur itu ditempatkan pada awal surah,  sedangkan jahe disebutkan pada akhir surah. kemudian minuman yang mereka minum (pertama kali) bercampur dengan kafur, yang didalamnya terdapat sifat dingin. selanjutnya ia meminum mminuman yang bercampur dengan jahe untuk menyesuaikannya. secara lahir, gelas minuman kedua bukanlah gelas minuman yang pertama karena kedua-duanya merupakan jenis minuman yang lezat dan segar. yang pertama bercampur kafur; sedangkan yang kedua bercampur dengan jahe

KESIMPULAN

Allah subhanahu wa ta'ala juga memberitahukan bahwa  pencampuran minuman mereka dengan minuman yang dingin itu dimaksudkan sebagai balasan atas ketaatan, keutamaan, kesabaran, dan kesetiaan mereka terhadap segala kewajiban yang sudah diwajibkan kepada mereka. amalan mereka itu akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda.

semoga bermanfaat 
barakallahu fikum
assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh

BAGIKAN KE

Aktifkan notifikasi update dailymuslim_id

0 Response to "Mata Air Di Surga " Mata Air Salsabila " | Keindahan Surga"

Post a Comment