Keutamaan membaca surah Al-Kahfi dihari Jum'at

"PARFUM MISK”


"Dari Muhammad bin Ali ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah, ‘Apakah Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam memakai parfum? Ia menjawab, “Ya, dengan minyak wangi misik dan ‘anbar.” (HR. Nasa'i).

Hari Jum'at adalah waktu yang pas untuk membaca surah Al-Kahfi, mengapa harus Al-Kahfi, karena seorang yang membaca surah ini akan mendapat ganjaran yang besar bahkan jika kita menghafal 10 ayat pertama dan 10 ayat terakhir akan terhindar dari fitnah dajjal, dan berikut adalah dalil hadits yang menjelaskan mengenai keutamaan membaca surah Al-Kahfi di hari Jum'at

DALIL HADITS


"Barang siapa yang membaca Surah Al-Kahfi pada malam jum'at, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka'bah." (HR. Ad-Darimi, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam shohihul jami' no. 6471)

dan juga dari hadits yang dibawakan oleh An-Nasa'i dan Baihaqi :


"Barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya diantara dua jum'at." (HR. An-Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul jami' no. 6470)

BONUS QUOTES


WAKTU YANG TEPAT UNTUK MEMBACANYA

Sebagaimana Dalil hadits pertama diatas bahwa membacanya pada malam jum'at sedangkan dalil kedua pada hari jum'at, mengisyaratkan bahwa surah ini bisa dibaca 24 jam di hari Jum'at , karena ada dalil yang kuat mengenai waktu untuk membacanya, yaitu dari terbenamnya matahari di hari kamis hingga terbenamnya matahari dihari Jum'at.

Al-Munawi menukil keterangan al-Hafidz Ibnu Hajar, Kata al-Hafidz Ibnu Hajar dalam kitabnya al-Amali, "Anjuran membaca al-Kahfi ada dibeberapa riwayat, ada yang menyatakan 'Hari Jum'at' dalam riwayat lain 'Malam Jum'at'. Bisa kita kompromikan bahwa waktu yang dimaksud adalah siang dan malam Jum'at." (Faidul Qadir, 6/258)

Al-Munawi juga mengatakan : "Dianjurkan untuk membaca surah Al-Kahfi diari jum'at atau dimalam harinya, sebagaimana ditegaskan as-syafi'i. (Faidhul Qadir, 6/257)

Berdasarkan keterangan diatas bahwa tidak ada waktu khusus untuk membaca surah al-kahfi, anda bisa membacanya selama hari jum'at. dan bisa memilih waktu yang longgar dan nyaman sehingga bisa membaca dengan penuh perenungan.

TERHINDAR DARI DAJJAL

selain dari keutamaan diatas Nabi Shalallahu alaihi wa sallam juga telah menerangkan keutamaan menghafal 10 ayat pertama dalam riwayat lain terakhir disurah Al-Kahfi, bahwasanya bagi si penghafal surah tersebut akan terlindungi dari dajjal sebagaimana haditsnya berikut :

Dari Abu Darda' radhiyallahu 'anhu , ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,


"Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surah al-kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal." (HR.Muslim no. 809)

dalam Riwayat lain disebutkan, "Dari Akhir surah al-kahfi." (HR.Muslim no.809)

Semoga bermanfaat
Barakallahu fikum
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

BAGIKAN KE

Aktifkan notifikasi update dailymuslim_id

0 Response to "Keutamaan membaca surah Al-Kahfi dihari Jum'at"

Post a Comment