Sungai-sungai disurga | KEINDAHAN SURGA


APA ITU SURGA ?

Surga adalah sebuah tempat kediaman yang sangat indah, sangat luas, dan tempat peristirahatan yang sangat baik, yang dijanjikan oleh Allah kepada orang-orang yang beriman, dan mengerjakan amal-amal shaleh. sebagai balasan apa yang telah mereka kerjakan selama didunia, yaitu untuk orang-orang yang menjalankan perintah Allah & rasulnya dan meninggalkan semua yang dilarang olehnya, oleh sebab itu orang yang benar-benar beriman lebih mengutamakan akhirat daripada dunia, dan dijadikan dunia itu sebagai ladang bercocok tanam pahala, yang kelak hasil dari pahala itu akan dibalas oleh Allah subhanahu wa ta'ala diakhirat kelak, 

JUDUL POST

dan kali ini kita akan membahas mengenai "SUNGAI-SUNGAI DISURGA"

ISI POSTINGAN

Judul, Sungai-Sungai disurga

didalam surga terdapat banyak sungai-sungai yang mengalir dibawahnya yaitu didalam surga, yang begitu teduh nan indah, sebagai balasan untuk orang orang yang yang beriman dan mengerjakan kebajikan selama didunia. sebagaimana firman Allah ta'ala : 



Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka disediakan surga surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai.... (Q.S. Al-Baqarah (02) 25)

sungai-sungai yang berada didalam surga sangat berbeda sekali dengan sungai yang berada di dunia, sungai-sungai disurga terdapat berbagai macam airnya, sebagaimana dikatakan oleh Allah dalam Al-Qur'an bahwasanya disurga terdapat 4 macam sungai, yaitu:
  1. Sungai-sungai yang bersih airnya dan tidak payau
  2. sungai-sungai air susu 
  3. sungai-sungai khamr yang tidak memabukan
  4. dan sungai-sungai madu yang murni.
Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :


Perumpamaan taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa; disana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamr (anggur yang tidak memabukan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu murni. didalamnya mereka memperoleh segala macam buah buahan dan ampunan dari tuhan mereka..... (Q.S. Muhammad (47) 15)

dan juga dikatakan oleh rasulullah shalallahu alaihi wa sallam dalam hadithnya yang berbunyi : "Dari Hakim bin Mu'awiyah radialllahu anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "sesungguhnya disurga ada lautan air, lautan madu, lautan susu, lautan khamr, kemudian darinya sungai-sungai mengalir." (HR. Abu Dawud)

selain ke empat sungai yang sudah dijelaskan, terdapat juga satu sungai yang dikhususkan yaitu sungai al-kautsar, yang disediakan oleh Allah kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam didalam surga yang memiliki banyak kebaikan. pada hari kiamat banyak umat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam yang mendatanginya, kecuali orang orang yang dikehendaki Allah untuk memasukinya. sebagaimana sabda dari rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. 

"Dari Anas radiallahu anhu, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "apakah kalian mengetahui apa 'al-kausar' itu? al-kautsar adalah sungai yang diberikan kepadaku dari rabb-ku disurga. Dia memiliki banyak kelebihan. Umatku akan mendatanginya pada Hari Kiamat. Jumlah bejananya sebanyak jumlah bintang dilangit. Ada seorang hamba yang dicegah bergabung dengan mereka, maka aku pun memprotes, "Wahai Rabbku, dia adalah bagian dari umatku.' Lalu, akan dijawab, 'Engkau tidak tahu apa yang mereka lakukan setelah engkau meninggal." (HR. Muslim)

BONUS QUOTES

Yuk disebar Quotesnya sebagai amal jariyah dan membantu dailymuslim_id 


Jazakumullahu khairanatas share quotes diatas

artikel ini dikhususkan untuk membuat video baru dailymuslim_id
yang akan dibuat dengan judul "KEINDAHAN SURGA"
semoga videonya jadi dengan cepat

semoga artikel ini bermanfaat
Barakallahu fikum 
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sungai-sungai disurga | KEINDAHAN SURGA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel