Hadits larangan menggunjung, mengghibah, memfitnah sesama muslim


Berikut ini adalah hadits yang mengenai larangan menggunjing, membenci, mencari kesalahah orang lain, menghibah, memusuhi dll, akan tetapi hadits disini menyuruh kita untuk saling bersaudara. dan dalam riwayat imam muslim bersaudara disini adalah muslim bersaudara dengan sesama muslimnya. berikut ini haditsnya riwayat imam bukhari yang saya dapatkan dalam kitab al-lu lu wal marjan kumpulan hadits shahih bukhari dan muslim karya syaikh muhammad fa'ud abdul baqi terbitan 2010 oleh pustaka insan kamil. berikut haditsnya :

RIWAYAT IMAM BUKHARI


Diriwayatkan dari Abu Hurairah radiallahu anhu, sesungguhnya rasulullah ﷺ bersabda, “Jauhilah oleh kalian prasangka, karena sesungguhnya prasangka itu adalah perkataan yang paling bohong. Dan janganlah kalian mendengarkan perbincangan orang lain, janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain, janganlah kalian melakukan najasy (memuji barang dagangan secara berlebihan), janganlah saling iri, janganlah saling membenci, dan janganlah saling memusuhi. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara (HR. Al-Bukhari)

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari pada kitab ke-78 kitab adab, Bab ke 85 bab Wahai orang-orang yang beriman jauhilah oleh kalian prasangka.

Download Quotes dan share sebagai amal jariyah


RIWAYAT IMAM MUSLIM

dan riwayat lain dari imam muslim yang bersumber dari hadits seputar ayat surah Al-An'am 10 yang berbunyi

Dari Abu Hurairah radiallahu anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "janganlah kalian saling hasut, saling najsy(memuji barang dagangan secara berlebihan) , saling benci, saling berpaling, dan janganlah sebagian diantara kalian berjual beli kepada seorang yang sedang berjual beli dengan sebagian yang lain, dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Muslim adalah saudara muslim lainnya. ia tidak menganiaya, tidak mengecewakannya, dan tidak menghinakannya. takwa itu ada disini (beliau menunjuk kedadanya tiga kali). sudah termasuk kejahatan seseorang bila ia menghina saudaranya yang muslim. setiap muslim bagi muslim lainnya adalah haram, baik darahnya, hartanya, maupun kehormatannya. " (HR. Muslim)
Dan itulah sedikit penjelasan mengenai hadits tentang larangan menggunjing dsb. 

semoga bermanfaat,
barakallahu fikum, 
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hadits larangan menggunjung, mengghibah, memfitnah sesama muslim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel