Akhlak mengutamakan orang lain dan cinta kebaikan


PEMBUKAAN

Itsar atau mengutamakan orang lain dan mencintai orang lain merupakan termasuk akhlak seorang muslim yang ia peroleh sebagai hasil dari pendidikan agamanya dan kebaikan keislamannya. oleh karena itu jika seseorang muslim mendapatkan kesempatan berbuat itsar atau mengutamakan orang lain dari pada dirinya sendiri, dia akan segera melakukannya, dan melebihkan orang lain diatas dirinya, sehingga terkadang dia rela lapar agar orang lain kenyang, rela kehausan agar orang lain dapat minum, bahkan rela mati demi hidupnya orang lain. yang demikian itu bukanlah hal baru atau hal aneh bagi seorang muslim yang jiwanya telah kenyang dalam makna-makna kesempurnaan, yang membentuk wataknya dengan watak kebaikan, cinta keutamaan dan keindahan.

JUDUL POST

"dan berikut ini kita akan membahas mengenai AKHLAK MENGUTAMAKAN ORANG LAIN DAN CINTA KEBAIKAN"

Video lengkap tentang mengenai akhlak mengutamakan orang lain dan cinta kebaikan, Lebih afdholnya play video sambil baca ,


DALIL AYAT

Didalam melaksanakan itsar dan cinta kebaikan seorang muslim akan menelusuri perjalan orang-orang shalih pendahulu mereka ; mengikuti kebaikan yang dilakukan pada generasi awal yang beruntung  yang sering dipuji oleh Allah melalui firmannya, dan berikut adalah salah satu contoh firman Allah yang memuji mereka, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam surahnya yang berbunyi :


"Dan orang-orang (anshar) yang telah menempati kota madinah dan telah beriman sebelum kedatangan mereka (orang-orang muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah ketempat mereka. Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa yang diberikan mereka (oleh orang-orang muhajirin), dan mereka mengutamakan (muhajirin) atas dirinya sendiri, meskipun mereka juga memerlukan, dan siapa yang menjaga dirinya dari kekikiran, maka mereka itulah orang orang yang beruntung (Q.S. Al-Hashr (59) : 9)

PENJELASAN AYAT

sebagaimana ayat diatas mencontohkan kepada kita mengenai akhlak yang baik, bahwa orang orang anshar yang telah menduduki kota madinah mereka menyambut orang orang muhajirin yang berhijrah ke kota mereka yaitu madinah, mereka menyambut orang-orang muhajirin dengan rasa penuh mencintai, dan tidak mengharapkan apa yang dibawa oleh kaum muhajirin tersebut, orang - orang anshar dari madinah lebih mengutamakan orang-orang muhajirin dan berbuat baik terhadapnya, baik dari harta, makanan dll. meskipun orang orang anshar sangat membutuhkan apa yang ia berikan itu. sungguh maha suci Allah atas sibghahnya (Sibghah Allah (celupan Allah) adalah agama Allah yang mewarnai kita dan menyucikan kita, lahir batin)

DALIL HADITS

Dan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pun telah menjelaskan dalam sabdanya mengenai Akhlak mengutamakan orang lain dari pada dirinya sendiri. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda dalam haditsnya yang berbunyi :




" Tidaklah sempurna iman seseorang diantara kalian , sehingga dia mencintai untuk saudaranya kebaikan yang dia cintai untuk dirinya sendiri." (HR. imam Bukhari no.13 dan imam Muslim no.45) 

LANJUTAN POST

dan berikut adalah pemberian Allah terhadap orang-orang yang berakhlak baik terhadap seseorang. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman dalam surahnya yang berbunyi :



" ... Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya ...". (Q.S. Al-Muzammil (73) 20)

dan juga firman Allah yang lain yang berbunyi



"Sesungguhnya Orang-orang yang selalu membaca kitab Allah Al-Qur'an dan melaksanakan shalat dan menginfakan sebagian rezeki yang kami anugrahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang ridak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunianya, sunnguh, Allah maha pengampun, maha mensyukuri" (Q.S. Fathir (35) 29-30)

Maka Dunia menjadi hina dan murah dalam pandangannya, kemudian dia memilih akhirat dan mengutamakannya. Bagi orang yang telah mencapai derajat ini , bagaimana mungkin dia tidak giat didalam mendermakan hartanya dan merebut kebaikan, serta mengutamakan orang lain, bahwa yang dia infakan hari ini pasti akan ditemui dihari esok yang lebih baik dan lebih besar pahalanya. 

SIRAH NABAWIYAH

berikut kami nukil kisah dari para salafus shalih yang mengutamakan orang lain yang begitu sempurna akhlaknya, ketika saat perang yarmuk

Hudzaifah al-Adawi radiallahu anhu berkata, "Disaat perang Yarmuk, aku berangkat mencari anak pamanku, dan aku membawa sedikit air. Jika dia masih hidup,aku akan memberinya minum dan aku usap wajahnya dengan air, kemudian aku menemukannya, dan aku bertanya, " Aku beri minum kamu?" ia memberi isyarat setuju. tiba-tiba terdengar seseorang lelaki yang merintih, "Ah, ah!" maka anak pamanku memberi isyarat kepadaku agar membawakan air untuknya, maka aku datangi orang itu, ternyata dia adalah Hasyim bin ash radiallahu anhu. Aku bertanya,"Aku beri minum kamu ?" kemudian dia mendengar orang lain merintih, "ah,ah!" maka hasyim mengisyaratkan agar aku membawa air kepada orang lain itu, aku datangi dia, namun dia telah meninggal, kemudian aku kembali ke hasyim, namun dia telah meninggal pula, segera aku kembali ke anak pamanku, ternyata dia telah meninggal pula, semoga Allah merahmati mereka semua."

begitulah 3 syuhada yang mulia itu memberikan contoh yang setinggi-tingginya didalam beritsar, mengutamakan dan mendahulukan orang lain dari pada dirinya sendiri, memang begitulah  prilaku seorang muslim didalam hidupnya

KESIMPULAN

dan itulah sedikit penjelasan mengenai perbuatan itsar, mengutamakan orang lain dan cinta kebaikan, dan kami mengingatkan agar jiwa kaum muslimin melintasi kembali ke sana, memenuhinya dengan cinta kebaikan dan itsar, serta menyampaikan penunaiyan risalah akhlak yang teladan didalam kehidupan, itulah muslim yang menjadi pelopor sebelum yang lain.

semoga bermanfaat
Barakallahu fikum
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

DUKUNG DENGAN SUBSCRIBE DIBAWAH

jangan lupa di konfirmasi dulu ya di email antum, agar bisa mendapat notifikasi dailymuslim_id via email

0 Response to "Akhlak mengutamakan orang lain dan cinta kebaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel