Murottal Surah Al-Fatihah | Hadits seputar ayat Surah Al-Fatihah


Assalamualaikum
Jazakumullahu khairan 
(semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)

Berikut ini ana memberikan sebuah murottal surah Al-Fatihah yang dibawakan oleh ana sendiri dan ana akan memberikan beberapa hadits mengenai surah Al-Fatihah ini yang terdapat dalam Al-Qur'an Al-HAQ & Al-Qur'an Cordoba Al-Aqsa. semoga ilmu ini dapat bermanfaat untuk antum.



KEUTAMAAN SURAH AL-FATIHAH

Berikut ini adalah hadits yang ana dapatkan yang bersumber dari Al-Qur'an Al-HAQQ cetakan 2006 masehi yang telah di setujui departement agama RI, Maghfirah pustaka

1. Surah yang paling Agung di dalam Al-Qur'an

Abu Sa'id bin Mu'alla berkata, "Pada suatu hari, aku sedang shalat dimasjid. selesai shalat, aku dipanggil oleh rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. kemudian, rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pun bersabda, 'Aku akan mengajarkan mu sebuah surah yang teragung dalam Al-Qur'an sebelum engkau keluar dari masjid.' Aku bertanya, 'Surah apakah itu, wahai rasulullah ?' Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. kembali bersabda, '(ia adalah surah) segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam, ia adalah tujuh ayat yang diulang ulang (dalam setiap raka'atnya) dan Al-Qur'an yang agung yang diberikan kepadaku."
(HR. Bukhari, Abu Dawud, dan Nasa'i)

2. Surah yang paling utama di dalam Al-Qur'an

Abu Hurairah meriwayatkan bahwasanya Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "Alhamdulillahi Rabbil 'Alamiin adalah Umm Al-Qur'an, Umm al-Kitab, as-Sab'ul Matsani, al-Qur'an al-Azhim, ash-Shalat, ash-Syifa', dan ar-Ruqyah."
(HR. Tirmidzi)

3. Surah yang didalamnya termaktub munajat antara hamba dan Allah Subhanahu wa ta'ala

Abu Hurairah mengatakan bahwa suatu saat Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "Allah telah berfirman, 'Aku membagi kandungan makna surah al-Fatihah untuk ku dan untuk hambaku menjadi dua bagian, dan Aku akan mengabulkan apa yang hambaku pinta." hadits-hadits diatas bersumber dari hadits seputar ayat Al-Qur'an Al-HAQQ

dan berikut ini adalah 1 hadits yang terdapat dalam Al-Qur'an Cordoba AL-AQSA berdasarkan kesahihan hadits tersebut cetakan 2013 dan telah disetujui lajnah pentashihan Mushaf Al-Qur'an departement agama RI. berikut adalah haditsnya.

1. Keutaman membaca Al-Fatihah dalam shalat

Abu Hurairah ra berkata, aku pernah mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda"Allah berfirman, Aku membagi shalat antara aku dengan hambaku, dan hambaku mendapatkan sesuatu yang dia minta, apabila seorang hamba berkata, "(Segala puji bagi Allah, tuhan seluruh alam) maka Allah berkata, Hambaku memujiku'. Apabila hamba tersebut mengucapkan, (yang maha pengasih, maha penyayang). Allah berkata, 'Hambaku memujiku'. Apabila hamba tersebut mengucapkan, (pemilik hari pembalasan). Allah berkata, 'Hambaku memujiku'. selanjutnya dia berfirman, 'Hambaku menyerahkan urusannya kepadaku'. Apabila hamba tersebut mengucapkan (Hanya kepada engkaulah kami menyembah dan hanya kepada engkaulah kami memohon pertolongan) Allah berkata, 'ini adalah antara aku dengan hambaku. Dan hambaku mendapatkan sesuatu yang dia minta'. Apabila hamba tersebut mengucapkan , (Tunjukilah kami jalan yang lurus, (Yaitu jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat kepadanya; bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan)mereka yang sesat) Allah berkata, 'ini untuk hambaku, dan hambaku mendapatkan apa yang dia minta.""
(HR. Muslim, Shahih Muslim, Juz 2, No. Hadits 807;9)

Wallahu a'lam bish shawab.

(dan Allah lebih mengetahui yang sebenar-benarnya)

dan itulah sedikit hadits tentang surah Al-Fatihah,

semoga artikel ini bermanfaat
barakallahu fikum. 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

BAGIKAN KE

Aktifkan notifikasi update dailymuslim_id

0 Response to "Murottal Surah Al-Fatihah | Hadits seputar ayat Surah Al-Fatihah"

Post a Comment