Ibadah Kurban dan keutamaannya


PENGERTIAN HEWAN KURBAN

Hewan Kurban ialah domba yang disembelih diwaktu dhuha pada hari idul adha untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. dan kali ini saya akan menjelaskan tentang hukum berkurban dari kitab Minhajul Muslim karya syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri pengajar tetap di masjid Nabawi 21-2-1384H / 1-7-1964M.

HUKUM KURBAN

Kurban hukumnya sunnah yang diwajibkan atas setiap keluarga muslim sesuai kemampuan mereka untuk berkurban. Hal ini berdasarkan firman Allah,



Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). (Q.S. Al-Kautsar 2)

Juga berdasarkan sabda rasulullah shalallahu alaihi wa sallam 
dalam haditsnya yang berbunyi :



"Barang siapa menyembelih sebelum shalat id hendaklah ia mengulang." 
(Muttafaq 'alaih; Al-Bukhari no.954; muslim no.1962)

dan berdasarkan ucapan Abu Ayyub Al-Anshari,



"Seorang laki-laki dimasa rasulullah shalallahu alaihi wa sallam berkurban dengan seekor domba atas nama dirinya dan keluarganya." (HR. Tirmidzi no.1505, dan dishahihkannya).

KEUTAMAAN BERKURBAN

Disunnahkannya berkurban karena memiliki keutamaan yang agung, 

sebagaimana sabda rasulullah shalallahu alaihi wa sallam,



"Tidaklah seorang manusia berbuat suatu amal pada hari nahar yang lebih dicintai Allah daripada menumpahkan darah (hewan kurban). sesungguhnya (hewan kurban) itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, kuku dan bulunya. dan sesungguhnya darah (hewan kurban) itu pasti menepati (suatu tempat) disisi Allah Azza wa jalla (dengan ridhanya, lalu diterima) sebelum darahnya jatuh keatas tanah, maka hendaklah dirimu merelakannya dengan baik." (diriwayatkan oleh ibnu majah,no.3126 dan at-Tirmidzi,no.1493, dihasankan walaupun dianggap ghorib)."

pernah ditanyakan oleh sahabat kepada nabi shalallahu alaihi wa sallam,



"Apakah kedudukan penyembelihan hewan kurban ini ?" Beliau menjawab," itu adalah sunnah bapak kalian, Nabi Ibrahim." Mereka bertanya lagi, "Apa yang kita peroleh darinya?" Beliau menjawab, "(kita memperoleh) kebaikan pada setiap helai bulu wolnya." Mereka bertanya lagi, "Bagaimana dengan bulu wolnya?" Beliau menjawab, "setiap helai bulu wolnya dibalas dengan satu kebaikan." (diriwayatkan oleh ibnu majah 3127; dan at-Tirmidzi, hasan.)

HIKMAH KURBAN

1. Mendekatkan diri kepada Allah ta'ala dengan berkurban, karena Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,



Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). (Q.S. Al-Kautsar 2)

dan firmannya yang lain yang berbunyi,



"Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya; dan demikianlah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama berserah diri (muslim).” (Q.S. Al-An'am 162-163)

yang dimaksud dengan ibadah pada ayat ini ialah penyembelihan hewan kurban untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala

2. menghidupkan sunnah imamul muwwahhidin, ibrahim al-Khalil alaihi sallam. Allah telah mewahyukan kepadanya untuk menyembelih putranya, isma'il alaihi sallam, lalu Allah menggantinya dengan domba, yang kemudian domba itu disembelih ibrahim sebagai pengganti isma'il, sebagaimana dikisahkan Allah dalam firmannya,



Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (Q.S. Ash-Shaffat 107).

3. Memperbanyak pemberian untuk keluarga pada hari Id dan sebagai ungkapan kasih sayang kepada fakir miskin.

4. bersyukur kepada Allah ta'ala yang telah menundukan binatang ternak bagi kita, sebagaimana firmanNya,



maka makanlah seba-giannya dan berilah makanlah orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu, agar kamu bersyukur. Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. (Q.S. Al-Hajj: 36-37)
dan itulah pengertian dan keutamaan berkurban di hari raya idul adha, semoga artikel ini bermanfaat. barakallahu fikum

UNTUK INSTAGRAM


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ibadah Kurban dan keutamaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel