Keutamaan Menikah






pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai keutamaanya seorang istri bagi suami, untuk yang masih membujang atau jomblo, mari simak bersama, dengan admin yang masih menjomblo pada post tanggal ini, oleh karena itu yang masih membujang perbanyak puasa agar terhindar dari syahwat, dan juga rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menyuruh kita untuk menikah ketika kita mempunyai ba'ah
atau bisa menafkahi, oleh karena itu yang masih membujang diharapkan untuk perbanyak puasa. karena puasa itu adalah perisai,

JOMBLO HARAP PUASA, YANG SUDAH BISA MENAFKAHKAN HARAP MENIKAH

sabda nabi shalallahu alaihi wa sallam 


"Orang yang telah mampu bersenggama(karena mampu memberikan nafkah), hendaklah ia menikah, sesungguhnya hal itu lebih dapat menundukan pandangan dan lebih menjaga kehormatan. sedangkan begi orang yang belum mampu, hendaklah ia berpuasa, karena sesungguhnya hal itu dapat menjadi perisai baginya." 
HR.Bukhari no. 1905) buku : Minhajul muslim hal.532

ISTRI ADALAH LADANG BAGI SUAMINYA

tentu lebih beruntung jika kita sudah menikah karena bisa menjaga syahwat kita dari sesuatu yang haram. oleh karena itu setiap perbuatan baik yang kita lakukan terhadap istri itu bernilai pahala, baik memberi nafkah, menyenangi hati nya, dan juga sampai berjima dengannya itu bernilai pahala. dan Allah azza wa jalla berifirman tentang seorang istri adalah ladang bagi suaminya.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman :


Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman. (Q.S. Al-Baqarah 223)

ISTRI DIJANJIKAN SURGA JIKA 

bagaimana dengan istri kenapa cuma suami aja ?, istri juga sama dan Allah menjanjikan bahwa istri akan masuk surga lewat pintu mana saja, jika dia mentaati suaminya, menjaga shalatnya, berpuasa, dan terjaga dari zina

sabda rasulullah shalallahu alaihi wa sallam

dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

MENYEMPURNAKAN SETENGAH AGAMA

dan juga telah di sabdakan oleh rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bahwa menikah adalah penyempurnaan separuh agama. berikut sabdanya.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu,  ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Ash Shahihah no. 625)


MENIKAH ITU MENJALANKAN SUNNAHNYA PARA RASUL

Allah Ta’ala berfirman,



“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.” (QS. Ar Ra’du: 38). Ini menunjukkan bahwa para rasul itu menikah dan memiliki keturunan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



“Empat perkara yang termasuk sunnah para rasul, yaitu sifat malu, memakai wewangian, bersiwak dan menikah.” (HR. Tirmidzi no. 1080 dan Ahmad 5/421. Hadits ini dho’if sebagaimana kata Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth. Namun makna hadits ini sudah didukung oleh ayat Al Qur’an yang disebutkan sebelumnya)


Free Quotes


NOTICE

tafsir (ibnu katsir) surah Al-Baqarah 223 bisa cek ke sini klik disini

PENUTUP

Semoga kita selalu diberi iman yang kuat oleh Allah subhanahu wa ta'ala dan terhindar dari penglihatan yang haram, bagi yang sudah menikah, sayangilah istri/suami mu karena jika kita melakukan hal yang baik dalam berumah tangga, bisa bernilai pahala. dan bagi yang masih membujang atau menjomblo semoga dilancarkan rezekinya dan mempunyai ba'ah (bisa menafkahi) agar bisa menyempurnakan separuh agamanya. 

semoga artikel ini bermanfaat 
barakallahu fikum
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


BAGIKAN KE
aktifkan notifikasi dailymuslim_id

setelah itu cek email dan konfirmasi email yang masuk

0 Response to "Keutamaan Menikah"

Post a Comment