kenapa orang kafir mudah sekali sukses ? hati-hati dengan kesuksesan yang mereka peroleh






Tadabbur Murottal Q.S.Al-Baqarah 212


kenapa orang kafir atau orang non muslim hidupnya bahagia dan sukses selalu, bisa dibilang mereka mudah untuk mendapatkan kekayaan ? pasti diantara kita ada yang berfikiran demikian. di sini kita akan membahas mengenai hal tersebut dalam beberapa ayat Al-Qur'an dan beberapa hadits.

PENDAPAT ULAMA

berikut kami nukilkan kisah Umar yang termuat dalam Tafsir surah yasin karya syaikh ibnu utsaimin rahimahullah

Suatu hari Umar mendatangi rumah Nabi shalallahu alaihi wa sallam, dan beliau tidur diatas dipan yang terbuat dari serat sehingga terbentuklah bekas dipan tersebut dilambung beliau, tatkala Umar melihat hal itu, maka iapun menangis, Nabi yang melihat Umar menangis kemudian bertanya, " apa yang engkau tangisi wahai Umar ?"

Umar menjawab, "Sesungguhnya bangsa persia dan roma diberikan nikmat dengan kenikmatan dunia yang sangat banyak, sedangkan engkau dalam keadaan seperti ini ?"

Nabi pun berkata, "Wahai 'Umar, Sesungguhnya mereka adalah kaum yang Allah segerakan kenikmatan dikehidupan dunia mereka. " [HR. Bukhari 2468]

PETIKAN / HIKMAH YANG DAPAT DIAMBIL

Didalam hadits ini menunjukan bahwa orang-orang kafir disegerakan nikmatnya oleh Allah di dunia dan boleh jadi itu adalah Istidraj yaitu nikmat yang Allah berikan kepada pelaku maksiat dengan tujuan menipu mereka, agar mereka semakin tenggelam dalam kemaksiatan.

dan tentu saja didalam hadits diatas kita bisa mengetahui bahwa orang-orang beriman itu sangat berhati-hati baik dari makanan yang dimakan, penghasilan yang didapatnya, dan waktu yang digunakannya. 

DALIL PERBEDAAN ANTARA ORANG-ORANG KAFIR DAN ORANG YANG BERTAQWA

Allah juga akan memberikan kenikmatan tanpa batas untuk orang-orang yang beriman dan bertaqwa sesuai kehendaknya, Allah telah menyebutkan kenapa orang-orang kafir itu bahagia didunia, baik dari harta dan gaya hidup mereka. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman. 




Kehidupan dunia dijadikan terasa indah dalam pandangan orang-orang yang kafir, dan mereka menghina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu berada di atas mereka pada hari Kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang yang Dia kehendaki tanpa perhitungan. (Q.S. Al-Baqarah (02) 212)

hikmah yang dapat kita ambil dalam ayat diatas yaitu orang yang beriman dan bertakwa itu lebih memilih jalan menuju rabbnya. meskipun jalan yang ditempuh itu sangat sulit, akan tetapi itu akan tergantikan diakhir oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

DALIL HARAMNYA RIBA

oleh sebab itu, umat islam sangat berhati-hati sekali dengan pekerjaan yang ia kerjakan, didapatkan dari mana penghasilannya, dari perusahaan mana, yang jelas umat islam yang sangat berhati hati dengan perusahaan yang berkaitan dengan RIBA, transaksi-transaksi RIBA yang jelas diharamkan

Dalil dari al-Qur’an, Allah ta’ala berfirman, 




“Dan Allah telah mengharamkan riba.” (Qs. Al Baqarah: 275)

Dalil dari As-Sunnah:



“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan dengan riba, juru tulis transaksi riba dan dua orang saksinya. Kedudukan mereka itu semuanya sama.” (HR. Muslim nomor 2995)

HADITS YANG DIKHAWATIRKAN TERJADI

dan dizaman ini bahwa kebanyakan dari kita tidak memperhatikan darimana uang yang dihasilkannya. dan juga ada yang berkata. "yang haram aja susah, apalagi yang halal" sudah jelas bahwa nabi shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda tentang apa yang di khawatirkan di masa mendatang, 

Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda



“Akan datang suatu zaman di mana manusia tidak lagi peduli darimana mereka mendapatkan harta, apakah dari usaha yang halal atau haram.” (HR. Bukhari –Al Fath 4/296 nomor 2059; 4/313 nomor 2083).

PENDAPAT RASULULLAH TENTANG KEKAYAAN

dan juga nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda mengenai apa pentingnya kekayaan harta yang melimpah dan lain sebagainya

Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda

Dari 'Abdullah bin Syikhkhir ra, Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, "Anak adam berkata," Hartaku... Hartaku!' Bukankah hartamu itu apa yang kamu makan kemudian habis dan apa yang kamu pakai kemudian rusak dan apa yang kamu sedekahkan kemudian akan berlalu? "sedangkan, selain itu akan musnah dan menjadi harta peninggalan." 
(HR.Muslim) Al-Qur'an Al-HAQQ hadits seputar ayat 211-212

PENUTUP

Oleh karena itu Allah telah memberikan perbedaan antara kita dengan orang-orang kafir, apa yang kita cari berupa harta kekayaan akan lenyap, diketimbang mencari nafkah yang dapat kita selalu bersyukur akan kenikmatan yang telah Allah berikan dengan kecukupan hidup. orang-orang kafir bekerja tidak memandang penghasilannya dapat darimana. mau dari yang haram atau halal sama saja bagi mereka, mereka yang sukses juga bergelimang dengan keribaan dan keharaman dengan memakai program misalkan deposit, beriklan walaupun memakai pakaian yang membuka aurat, penghasilan dari musik-musik, penghasilan dari bermain game, dan lain-lain. karena terdapat banyak transaksi riba disekeliling kita, dan pekerjaan haram yang tidak kita ketahui. oleh karena itu kita harus lebih teliti dengan apa yang kita kerjakan. 

semoga artikel ini bermanfaat. 
Barakallahu fikum
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


BAGIKAN KE
aktifkan notifikasi dailymuslim_id

setelah itu cek email dan konfirmasi email yang masuk

0 Response to "kenapa orang kafir mudah sekali sukses ? hati-hati dengan kesuksesan yang mereka peroleh"

Post a Comment